| |

Teori tentang pembentukan pribadi kreatif (person)

Teori psikoanalisa

Melihat kreativitas sebagai hasil mengatasi suatu masalah, yang biasanya mulai di masa anak.
Pribadi kreatif dipandang sebagai seseorang yang pernah mempunyai pengalaman traumatis, yang dihadapi dengan memungkinkan gagasan-gagasan yang disadari dan tidak disadari dihadapi bercampur menjadi pemecahan inovatif dari trauma.
Tindakan kratif mentransformasikan keasaan psikis yang tidak sehat menjadi sehat.
Penekanan teori ini adalah pada alam pikiran tidak sadar dan timbulnya kreativitas sebagai kompensasi dari masa anak yang sulit.


Teori Sigmund Freud
Kemampuan kreatif merupakan cirri ke;pribadian yang menetap pada 5 tahun pertama dari kehidupan.
Freud menjelaskan proses kreatif dari mekanisme pertahanan diri (yang merupakan upaya tak sadar untuk menghintari kesadaran mengenai ide-ide yang tidak menyenangkan atau yang tidak dapat diterima). Mekanisme pertahanan merintangi produktivitas kreatif karena mencegah pengamatan yang cermat dari dunia.
Meskipun kebanyakan mekanisme pertahanan menghambat tindakan kreatif, salah satu mekanisme pertahanan yaitu sublimasi .(mengalihkan dorongan insting atau libido serta dorongan lain yang tidak dapat diterima masyarakat ke hal lain yang lebih positif) justru merupakan penyebab utama dari kreativitas.
Orang hanya didorong untuk menjadi kreatif jika mereka tidak dapat memenihi kebutuhan seksual secara langsung.
Hal ini dimulai pada tahap-tahap pertama kehidupan, terutama pada masa Oedipus dan electra complex. Dimana hasrat fisik untuk orang tua dari jenis kelamin berbeda di salurkan dalam bentuk sublimasi dan imajinasi.

Teori Ernest Kris
Mekanisme pertahan regresi (beralih ke prilaku sebelumnya yang akan memberikan kepuasan, jika perilaku sekarang tidakberhasil atau tidak memberi kepuasan) juga sering muncul dalam tindakan kreatif.
Jika seseorang mampu regress ke kerangka berfikir atau pola perilaku seperti anak, rintangan antara alam pikiran sadar dan tidak sadar menjadi kurang, dan bahan yang tidak disadari yang sering mengandung benih kreativitas dapat menembus kea lam kesadaran.
Orang kreatif adalah mereka yang paling mampu memanggil bahan-bahan dari alam pikiran tidak sdar. Orang kreatif tidak mengalimi hambatan untuk bias seperti anak dalam pikiran mereka mereka. Mereka dapat mempertahankan sikap bermain dengan masalah-masalah serius dalam kehidupan. Sehingga mereka mampu melihat masalah dengan cara yang segar dan inovatif.


Teori Carl Jung

Ketidaksadaran memainkan peranan yang amat penting dalam kreativitas tingkat tinggi.
Alam pikiran yang tidak disadari dibentuk oleh masa lalu pribadi. Selain itu juga berasal dari ingatan kabur dari pengalaman-pengalaman seluruh umat manusia dan pengalaman-pengalaman yang paling berpengaruh dari nenek moyang kita (ketidaksadaran kolektif).
Dari ketidaksadaran kolektif ini timbul penemuan, teori, seni dan karya baru lainnya. Proses ini menyebabkan kelanjutan eksistensi manusia.

0 comments:

Post a Comment