| |

Olahraga hiperaktif menyedot energi

Anak hiperaktif menyimpan energi berlebihan. Untuk lebih menyalurkan energinya, ajaklah dia berolahraga atau bertamasya ke alam terbuka, semisal kebun binatang, taman bermain. Di sana ia bisa bebas bermain, memanjat, dan berlari sesuka hati. Intinya, lakukan aktivitas yang menyenangkan dirinya. Hati-hati mengajaknya ke pusat perbelanjaan, karena begitu dibiarkan sendirian, ia akan pergi ke mana pun dia suka.

Jika bermain di rumah, ajaklah ia melakukan permainan yang membutuhkan konsentrasi, seperti menyusun puzzle, berkebun, atau memelihara binatang. Libatkan anak dalam banyak kegiatan sepulang sekolah, misal belajar musik, berenang, tenis, karate, dll. Tentu saja tanpa melupakan bakat dan kemampuan fisiknya.

Warna mendinginkan otak

Sekadar sebagai pendamping, terapi ini menyarankan agar anak hiperaktif dipaparkan pada warna-warna "mendinginkan" atau agak gelap. Efeknya akan menenangkan otaknya.

Warna-warna itu bisa ditempatkan di kamar, berupa warna dinding, pintu, perabot, baju, lampu, dsb. Warnanya bisa hijau, biru muda, ungu, atau biru tua. Hindari warna terang dan "panas", semisal merah, kuning, oranye karena justru merangsang otaknya untuk beraktivitas.

0 comments:

Post a Comment